Hidup Sehat dengan Cara Alami

Saturday, May 7, 2016

Cara Membuat Masker Kentang untuk Wajah dan Jerawat

Advertisement

Masker kentang merupakan salah satu masker wajah alami yang berkhasiat untuk perawatan kecantikan. Kentang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Sejatinya, kentang merupakan umbi yang sering dikonsumsi dengan cara direbus, dibuat perkedel, sebagai bahan sup, tumisan dan masih banyak lagi. Namun, seiring dengan ilmu pengetahuan manusia, kentang dimanfaatkan juga sebagai bahan untuk produk kecantikan.

Manfaat Masker Kentang

Kentang merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan gizi. Dalam kentang terkandung beberapa mineral seperti sulfur, kalium dan fosfor yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Mineral ini menstimulasi produk kolagen dan elastin yang dapat membuat kulit menjadi kencang dan awet muda. Kandungan vitamin C pada kentang merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan mempercepat penyembuhan infeksi jerawat. Sementara itu, kandungan alkalinya juga bekerja sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat dengan banyaknya sebum yang ada pada pori-pori kulit wajah Anda. Bukan cuma itu, kentang juga memiliki sifat antibakteri ringan yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat.

Oleh sebab itu, selain dijadikan sebagai bahan makanan, kentang juga dijadikan sebagai bahan untuk produk kecantikan, salahs atunya ya masker wajah ini. Kentang bisa dikombinasikan dengan bahan berkhasiat lain agar manfaatnya lebih terasa. Misalnya dengan madu, susu, wortel, minyak zaitun, kacang almond, tepung beras, putih telur, dan lain sebagainya.

Sementara manfaat masker kentang meliputi:

Cara Membuat Masker Kentang

Masker Kentang
Membuat masker kentang tidak sulit, caranya mudah karena sangat sederhana. Yang penting bahan-bahannya ada dan sudah disiapkan. Selain itu, bahan campuran juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit anda.

Masker Kentang dan Putih Telur

Perpaduan antara kentang dan putih telur sangat efektif untuk menghilangkan jerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat. Putih telur sangat diperlukan, selain karena khasiatnya juga supaya masker bisa menempel lebih lama pada kulit wajah. Karena sifat dari putih telur sebagai perekat juga.

Ambil satu buah kentang segar, cuci bersih, kupas kulitnya, potong-potong lalu diblender hingga halus. Bisa juga dengan cara diparut. Campurkan dengan putih telur dan aduk rata hingga membentuk adonan seperti bubur. Aplikasikan pada wajah secara merata. Biarkan selama 30 menit sambil bermeditasi agar tubuh rileks. Setelah masker mengering, bersihkan segera dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk lembut.

Masker Kentang, Madu dan Lemon

Madu dikenal berkhasiat untuk melembabkan kulit dan sifata ntibakterinya. Sementara lemon berkhasiat untuk memutihkan kulit serta menjaga kesegarannya. Nah, kali ini dua bahan tersebut akan kita campurkan menjadi msker kentang.

Ambil dua buah kentang segar, cuci bersih, kupas kulitnya, lalu parut. Tambahkan air perasan jeruk lemon dan madu secukupnya aduk rata. Taruh adonan tersebut dalam kain bersih, dibungkus. Gosokkan kain basah tersebut pada wajah secara lembut dan prlahan. Biarkan selama 20 menit, lalu basuh wajah dengan air hingga bersih.

Masker Kentang dan Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal sejak zaman mesir kuno sebagai bahan kecantikan yang dipakai oleh ratu Cleopatra kala itu. Kandungan vitamine E dan zat lainnya dipercaya mampu menjaga kecantikan kulit. Nah, kita akan memakainya sebagai bahan campuran untuk membuat masker kentang yang berkhasiat mencerahkan kulit.

Ambil satu buah kentang ukuran sedang, bersihkan, lalu rebus dengan kulitnya dalam air mendidih sampai matang dan empuk. Hancurkan sampai halus, lalu tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun (bisa diganti dengan minyak almond) dan 2 sendok teh susu murni. Aduk rata hingga membentuk adonan pasta. Aplikasikan pasta tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Masker Kentang dan Wortel

Wortel adalah sayuran yang mengandung beta-karoten tinggi dan oleh tubuh diubah menjadi vitamin A. Sayuran ini juga berkhasiat sebagai pencerah kulit, mencegah keriput serta meremajakan kulit.

Rebus kentang dan wortel ukuran kecil sampai empuk matang dan empuk. Kemudian kedua bahan tersebut ditumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit bubuk kunyit dan satu sendok teh minyak zaitun. Aduk rata hingga membentuk adonan seperti pasta. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Setelah masker mulai kering, bersihkan dengan air dingin.

Masker Kentang untuk Kulit Berminyak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu manfaat masker kentang adalah mengatasi kulit berminyak. Secara alami, kentang memiliki kemampuan untuk menyerap minyak. Dan asal tahu saja, kulit berminyak berpotensi lebih tinggi terkena jerawat jika tidak dirawat dengan baik.

Sediakan kentang ukuran sedang, bersihkan, kupas kulitnya lalu parut. Peras parutan kentang tersebut, karena yang kita gunakan hanya airnya saja. Tambahkan dengan 2 sendok teh multani mitti dan aduk rata hingga membentuk adonan pasta. Terapkan ramuan tersebut pada wajah secara merata. Biarkan hingga masker kering dan bersihkan dengan air dingin. Fungsi multani mitti disini juga sebagai penyerap kotoran dan kelebihan minyak pada kulit wajah.

Masker Kentang dan Susu

Ramuan ini akan membantu anda menghilangkan kerutan pada wajah, memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan, dan mengencangkan kulit. Caranya, sediakan kentang ukuran sedang, lalu diparut. Tambahkan 2 sendok makan susu cair dan beberapa tetes gliserin dan aduk hingga tercampur rata. Terapkan pada wajah secara merata dan biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin.

Masker Kentang untuk Kulit Terbakar

Beraktifitas di luar rumah seharian dan terpapar sinar matahari langsung bisa membuat kulit Anda terbakar. Kulit berubah warna menjadi gelap dan terasa perih. Apalagi bagi para pemilik kulit sensitif. Namun, semua itu bisa diatasi dengan menggunakan kentang.

Caranya, ambil kentang ukuran besar lalu kupas dan bersihkan. Potong-potong tipis lalu tempelkan potongan-potongan kentang tersebut pada kulit yang perih karena terbakar sinar matahari, Anda akan merasakan sensasi dingin yang menyegarkan. Biarkan selama 10 menit atau sampai irisan kentang mengering. Buang irisan kentang tersebut lalu basuh wajah dengan air dingin. Anda juga bisa dengan menempelkan parutan kentang segar di wajah anda.

Untuk menghilangkan lingkarang hitam pada kantung mata, tempelkan irisan kentang tersebut di sekitar mata. untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini dua kali seminggu.

Masker Kentang untuk Mata Lelah

Untuk mengatasi mata lelah atau bengkak, Anda bisa menggunakan masker kentang dengan campuran mentimun. Khasiat mentimun ini mempunyai sifat mendinginkan sehingga bisa sebagai pengompress untuk luka lebam maupun bengkak.

Parut kentang dan mentimun lalu campur rata. Tempelkan ramuan tersebut di daerah sekitar mata. Biarkan hingga makser agak kering lalu bilas dengan air dingin. Mentimun mengandung asam askorbat dan asam caffeic, sedangkan kentang mengandung catecholase yang efektif meredakan mata bengkak.

Oke, cukup sampai disini pembahasan mengenai masker kentang. Lihat juga masker alami lainnya seperti masker madu dan masker lidah buaya yang terbit lebih dahulu. Selamat mencoba.
Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Masker Kentang untuk Wajah dan Jerawat