Hidup Sehat dengan Cara Alami

Tuesday, May 17, 2016

Cara Membuat Masker Alpukat untuk Wajah dan Rambut


Advertisement

Masker alpukat bisa digunakan untuk wajah dan rambut. Selain alpukat, sebenarnya masih banyak buah-buahan serta bahan alami lainnya yang bisa dijadikan masker untuk perawatan kecantikan. Misalnya ada kentang, madu, jeruk nipis, bengkoang, pepaya, pisang, masker beras hingga masker putih telur yang baru kemarin kita bahas.

Namun kali ini, kita hanya akan membahas mengenai masker alpukat saja. Bagaimana cara membuatnya dan apa saja manfaatnya.

Alpukat merupakan buah yang bagus untuk kulit karena mengandung banyak antioksidan dan vitamin E. Selain bisa mengencangkan kulit, kandungan Vitamin A dalam buah alpukat ini juga dapat menghilangkan flek, noda hitam di wajah, bila digunakan secara rutin.

Masker Alpukat untuk Wajah


Masker Alpukat untuk Wajah
Salah satu bahan untuk membuat masker wajah alami adalah dengan buah alpukat. Kandungan senyawa di dalamnya sangat bagus digunakan untuk perawatan kulit wajah. Terutama bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering dan kusam. Ada beberapa variasi bahan yang bisa digunakan agar masker alpukat kita ini semakin berkhasiat.

1. Masker Alpukat dan Madu


Ambil setengah bagian buah alpukat yang sudah matang, simpan dalam wadah dan lumatkan. Campurkan dengan 1 sendok makan madu, aduk hingga merata. Bersihkan wajah terlebih dahulu sambil dipijat lembut agar relaks. Aplikasikan masker tadi secara merata pada wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah menggunakan handuk yang lembut. Jangan digosok karena dapat menyebabkan iritasi.

2. Masker Alpukat dan Yogurt


Yogurt mengandung asam laktik yang dapat menghaluskan, mengencangkan dan mengecilkan pori-pori kulit wajah. Fungsinya lebih kepada pembersih alami kulit. Apalagi pada ramuan kali ini kita akan mengkombinasikannya dengan alpukat dan madu.

Caranya, ambil setengah bagian buah alpukat yang sudah matang, hancurkan kemudian campur dengan madu. Tambahkan juga 1 sendok makan yigurt dan aduk rata. Oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah dan leher (hindari bagian mata). Diamkan selama 15 menit, bilas menggunakan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin.

3. Masker Alpukat untuk Wajah Kusam


Campurkan satu sendok makan alpukat yang sudah dilumatkan dengan 1 sendok makan madu murni. Aduk hingga ketiga bahan merata dan bisa diaplikasikan pada wajah. Oleskan secara merata pada wajah, biarkan selama 15-20 menit. Bilas wajah dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk lembut, jangan digosok. Tuangkan air mawar pada kapas, lalu tepuk-tepukkan pada wajah.

Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali agar kulit wajah ternutrisi. Baca juga artikel mengenai cara merawat wajah berminyak dan kusam dengan bahan alami.

4. Masker Alpukat dan Susu


Susu yang akan kita gunakan disini adalah susu murni yang belum dicampur dengan bahan lain. Sebelumnya lakukan totok wajah selama 5 menit untuk merangsang saraf-saraf pada wajah. Bersihkan wajah dengan cleaansing milk, kemudian angkat dengan spons yang telah dibasahi dengan air hangat.

Setelah persiapan selesai, sekarang kita mulai membuat masker. Campurkan alpukat dengan susu murni hingga tercampur rata dan membentuk sebuah adonan. Aplikasikan pada wajah dan leher secara merata menggunakan kuas masker, namun hindari bagian mata. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan spons yang telah dibasahi denga air hangat.

Lakukan perawatan tersebut secara rutin untuk mendapatkan kulit yang segar dan cerah. Kombinasi alpukat dengan susu murni ampuh untuk menghilangkan flek-felk hitam di wajah.

5. Masker Alpukat dan Lada Merah


Mungkin diantara pembaca ada yang merasa aneh dengan akombinasi buah alpukat dan lada merah sebagai masker. Namu, dua bahan tersebut sangat berkhasiat untuk mengatasi kulit kering, menghilangkan noda hitam di wajah dan menjadikan kulit wajah halus sehalus kulit bayi.

Sebelum menggunakan masker ini, wajah Anda harus dibersihkan terlebih dahulu. Caranya, campurkan 1 sendok makan jus lemon dengan 3 sendok teh susu bubuk hingga menjadi bubur. Oleskan pada wajah lalu bilas dengan air dingin.

Sekarang, kita akan membuat masker alpukatnya. Siapkan setengah bagian daging buah alpukat yang sudah masak, lumatkan. Campurkan dengan 1 sendok teh lada merah. Oleskan masker ini pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas wajah sambil dipijat dengan minyak almond.

Masker Alpukat untuk Rambut


Masker Alpukat untuk Rambut
Buah alpukat tidak hanya baik digunakan sebagai masker wajah, namun juga bagus untuk masker rambut alami. Khasiat dari masker alpukat untuk rambut antara lain melembabkan rambut, mampu memperbaiki tekstur batang rambut, serta merevitalisasi rambut Anda. Belum lagi jika diombinasikan dengan bahan-bahan alami berkhasiat lainnya seperti minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa dan madu. Tentu manfaatnya jadi lebih banyak.

1. Masker Kombinasi


Kenapa disebut masker kombinasi? Karena ramuan ini akan dikombinasikan dengan banyak bahan, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

Sediakan satu buah alpukat yang sudah matang, ambil daging buahnya saja kemudian dilumatkan dengan sendok atau diblender. Tambahkan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa atau madu sesuai kebutuhan. Minyak zaitun untuk memperbaiki kerusakan rambut, minyak almond untuk menghaluskan, minyak kelapa untuk mengembalikan vitalitas rambut Anda. Madu bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dengan nutrisi yang ada di dalamnya.

Aplikasikan masker kombinasi ini pada rambut Anda selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keramas seperti biasa. Lakuakn perawatan tersebut secara rutin, minimal 2 kali sebulan.

2. Masker Alpukat dan Telur Ayam


Yang akan kita gunakan untuk bahan tambahan masker alpukat kali ini adalah telur ayam kampung. Bukan putih telurnya, melainkan bagian kuning telurnya. Perpaduan dua bahan ini dapat membantu mengembalikan kemilau rambut, mengatasi rambut kering dan kusam, serta menjaga rambut agar tetap kuat tidak mudah rontok.

Caranya, ambil setengah bagian daging buah alpukat lalu diblender hingga halus. Tambahkan satu butir kuning telur ayam kampung dan aduk hingga tercampur rata dan membentuk sebuah adonan. Aplikasikan pada rambut dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Untuk menghilangkan bau anyir dari telur keramaslah seperti biasa dengan menggunakan shampo.

Bila tidak tahan dengan bau amis, kuning telur bisa diganti dengan mayonaise. Baca juga artikel tentang cara merawat rambut rusak secara alami.

3. Masker untuk Rambut rontok


Masalah kerontokan rambut juga bisa diatasi dengan masker buah alpukat. Kali ini akan dikombinasikan dengan fenugreek (daun herbal yang biasa dipakai untuk meningkatkan produksi ASI atau obat-obatan) dan air teh hijau.

Campurkan daging buah alpukat yang sudah diblender dengan daun fenugreek yang sudah dihaluskan. Tambahkan air teh hijau secukupnya lalu aduk hingga merata. Aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Bersihkan dengan air dingin dan jangan lupa untuk menggunakan kondisioner setelah keramas.

Airt eh hijau disini berfungsi untuk menenangkan kulit kepala agar dapat menyerap nutrisi lebih baik. Simak juga pembahasan tentang cara mengatasi rambut rontok secara alami.

Selain digunakan sebagai masker wajah dan rambut, buah alpukat juga bisa digunakan untuk merawat bagian tubuh lainnya. Misalnya untuk menghaluskan kulit di tangan dan kaki. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Masker Alpukat untuk Wajah dan Rambut