Hidup Sehat dengan Cara Alami

Tuesday, May 17, 2016

Cara Membuat Masker Beras untuk Memutihkan Wajah

Advertisement

Masker beras merupakan salah satu masker alami yang sangat berkhasiat untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Mungkin selama ini banyak orang mengenal beras hanya sebagai bahan untuk makanan pokok, yaitu nasi. Namun, berkat kemajuan teknologi dan pengetahuan, kini beras juga dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Salah satunya dengan menjadikannya sebagai masker beras.

Manfaat masker beras untuk kulit wajah diantaranya dapat mencerahkan, menghaluskan dan memutihkan. Masker yang satu ini juga dipercaya dan sudah terbukti mampu menghilangkan flek hitam, noda bekas jerawat dan cacar. Beras mengandung squalane oil, vitamin E, dan vitamin C yang membuatnya menjadi sangat bermanfaat bagi kulit.

Cara Membuat Masker Beras


Masker Beras
Belakangan ini, terutama para wanita mulai menyadari akan bahaya yang terkandung dalam kosmetik sehingga memilih mnggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan kecantikannya. Diantaranya dengan menggunakan masker wajah dari bahan alami. Mulai dari buah-buahan, sayuran, madu, telur hingga beras.

Membuat masker beras sendiri memang harus melalui beberapa tahapan. Inilah yang membuat sebagian wanita malas dan lebih memilih untuk menggunakan produk siap pakai. Namun bagaimana pun juga yang alami pastinya lebih aman.

Nah, kali ini saya akan memberikan tips dan cara membuat masker beras sendiri mulai dari awal. Simak langkah-langkahnya berikut ini dan praktekan di rumah.

Membuat Tepung Beras


Tepung beras, merupakan bahan utama untuk pembuatan masker beras. Sebenarnya tepung beras ini bisa dibeli di swalayan. Namun, kebanyakan adalah beras yang sudah dicampur dengan pemutih. Yang kitaperlukan disini adalah tepung beras organik yang belum dicampur dengan bahan apapun. Jadi jika Anda ingin membeli tepung beras untuk dibuat masker, pastikan itu adalah tepung beras organik yang tidak dicampur dengan bahan lainnya, murni tepung beras. Dan yang paling baik adalah beras Jepang. Namun jika susah mecarinya, beras lokal juga bisa.

Cara Pertama

Caranya cukup mudah. Ambil beras organik secukupnya, cuci bersih kemudian rendam selama semalaman. Esok harinya beras dhaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Jemur di panas matahari hingga benar-benar kering. Tepung beras siap digunakan sebagai masker.

Cara Kedua

Hampir sama dengan cara pertama, ambil beras organik secukupnya lalu cuci hingga bersih dan rendam semalaman. Jika memungkinkan, pilih yang bulirnya berwarna bening, karena mengandung squalane oil yang tinggi. Jemur beras tersebut hingga setengah kering, kemudian tumbuk hingga halus (bisa juga diblender). Saring dengan ayakan tepung, ambil tepugn yang sangat halus dan pisahkan dalam wadah.

Tambahkan air mawar sedikit demi sedikit dan aduk hingga membentuk adonan yang bisa dibentuk. Bentuk adonan tersebut menjadi bulatan-bulatan kecil. Jemur hingga kering.

Untuk penggunaannya, ambil butiran-butiran tepung beras tersebut, kemudian seduh dengan air hingga berbentuk adonan seperti pasta. Oleskan adonan tersebut ke seluruh wajah sebagai masker. Untuk wajah berjerawat bisa ditambahkan dengan bawang putih. Masker yang belum digunakan (butiran kecil) bisa disimpan maksimal selama satu bulan.

Jenis-Jenis Masker Beras


Masker beras ini banyak jenis dan variasinya. Tergantung dari tujuan yang ingin dicapainya, apakah untuk mencerahkan kulit wajah, memutihkan, menghilangkan jerawat, flek hitam, bekas jerawat, dan lain sebagainya. Biasanya masker ini dicampur dengan bahan-bahan lain seperti madu, minyak zaitun, susu. Berikut ini beberapa jenis variasi dari masker beras yang dapat Anda coba.

1. Masker Beras dan Madu

Madu merupakan bahan alami yang ajaib karena khasiatnya yang tidak terhingga bagi kesehatan tubuh manusia. Termasuk untuk kecantikan kulit wajah. Selain kaya antioksidan, madu juga dapat melembabkan kulit dan mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati. Ambil tepung beras dan tambahkan beberapa tetes madu kemudian aduk hingga rata. Oleskan pada wajah sebagai masker.

Baca juga artikel mengenai cara membuat masker madu dan variasinya, untuk wajah dan rambut.

2. Masker Beras dan Tomat

Tomat merupakan bahana lami yang berkhasiat untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Tambahkan tomat ke dalam masker beras kemudian tumbuk hingga halus dan aduk hingga merata. Aplikasikan pada wajah, gosok bagian atas hidung untuk mengangkat sel kulit mati.

3. Masker Beras dan Baking Soda

Selain dimanfaatkan dalam pembuatan kue, baking soda juga dikenal sebagai bahan yang berkhasiat untuk perawatan kecantikan wajah. Ambil tepugn beras secukupnya, tambahkan baking soda dan beberapa tetes madu. Buatlah adonan pasta dengan ketiga bahan tersebut. Oleskan adonan tersebut pada wajah secara merata. Gosok wajah secara lembut dengan gerakan melingkar selama 1 menit. Bilas dengan air dingin. Baking soda berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati dan mengatasi kelebihan minyak.

4. Beras, Madu dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan alami berkhasiat untuk menjaga kelembaban kulit wajah serta keremajaannya. Campurkan tepung beras, madu dan minyak zaitun hingga membentuk adonan pasta. Oleskan secara merata pada wajah, hindari daerah sekitar mata dan bibir. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, bilas dengan air bersih. Keringkan wajah dengan handuk halus dengan cara menepuk-nepukkan ke wajah, jangan digosok. Lakuakn perawatan ini seminggu sekali.

5. Masker Beras dan Gula

Gual merupakan bahan alami untuk mengatasi jerawat serta menjaga keremajaan kulit. Campurkan gula dan tepung beras hingga menjadi adonan yang dapat diaplikasikan ke wajah sebagai masker (jika terlalu kental, bisa tambahkan sedikit air). Jangan lupa terapkan juga pada leher. Perpaduan dua bahan ini dapat membersihkan, melembapkan dan mengelupas kulit.

6. Beras, susu dan cuka apel

Masukkan tepung beras ke dalam sebuah mangkuk kecil. Tambahkan 2 tetes cuka sari apel dan 4-5 tetes susu. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga berbentuk adonan pasta. Oleskan pada wajah dan leher sambil digosok pelan selama 1-2 menit dan kemudian biarkan mengering. Cuci dengan air dingin untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bercahaya.

7. Beras, Kentang dan Minyak Almond

Parut kentang dan peras airnya, sisihkan dalam mangkok. Tambahkan tepung beras dan 1 sendok teh jojoba oil atau almond oil ke dalam sari kentang, lalu aduk perlahan sampai terbentuk seperti pasta. Oleskan pasta tersebut pada wajah secara merata, dan diamkan selama 10-20 menit. Bilas wajah dengan air bersih.

8. Masker air Beras

Selain tepung beras, air beras juga dapat digunakan sebagai masker. Tuangkan ½ cup beras ke dalam mangkok, kemudian tambahkan air secukupnya sekitar 1 inci di atas beras. Aduk perlahan menggunakan sendok. Diamkan sekitar 30-60 menit, kemudian pisahkan air dan beras memakai penyaring. Ambil kertas tisu yang cukup tebal, lalu beri lubang sesuai dengan bagian mata, mulut, dan bibir. Rendam kertas tisu ke dalam air beras selama kurang lebih 10 menit. Angkat kertas tisu perlahan dan peras sebentar untuk mengurangi kelebihan air. Lalu, tempelkan pada wajah selama 15 menit. Basuh wajah kembali hingga bersih.

Oke, itu dia beberapa cara membuat masker beras yang berfungsi untuk memutihkan wajah, menjaga keremajaan kulit, menghilangkan jerawat, flek hitam, noda bekas jerawat hingga mencerahkan kulit.
Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Masker Beras untuk Memutihkan Wajah