Hidup Sehat dengan Cara Alami

Sunday, May 22, 2016

Cara Membuat Masker Stroberi untuk Wajah dan Rambut

Advertisement

Stroberi merupakan salah satu buah yang bisa dijadikan sebagai masker alami, baik untuk perawatan wajah maupun rambut. Buah berwarna merah ini sangat kaya dengana ntioksidan sehingga menjadi buah yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin C, E dan K serta asam salisilatnya sangat baik untuk kulit.

Buah stroberi bisa dikonsumsi secara langsung, dibuat jus ataupun makanan olahan seperti selai, bahan pembuatan kue, minuman dan lain sebagainya. Namun, yang paing baik tentu saja dikonsumsi secara langsung, karena tidak ada nutrisi yang terbuang selama pengolahan.

Seperti yang kita tahu, merawat wajah dan rambut seolah sudah menjadi rutinitas wajib bagi wanita di era modern ini. Terutama mereka yang hidup di kota-kota besar yang menuntut untuk tampil cantik dan menarik setiap saat.

Sebuah tren positif, ketika banyak dari mereka menyadari akan pentingnya perawatan menggunakan bahan-bahan alami dibanding kosmetik berbahan kimia. Meskipun tidak bisa dipungkiri banyak kosmetik pabrik yang belum bisa digantikan perannya oleh bahan alami.

Selain masker stroberi atau strawberry, masih banyak bahan alami lainnya, bahkan yang lebih populer. Misalnya masker bengkoang, masker pepaya, masker alpukat, masker madu dan bahan alami lainnya. Namun, semua tentu punya kelebihan masing-masing. Maka dari itu, pilihlah masker yang sesuai dengan kebutuhan. Masker beras misalnya, lebih cocok digunakan apabila menginginkan kulit putih dan halus.

Manfaat Stroberi untuk Kecantikan


Manfaat Stroberi
Manfaat buah strawberry untuk kesehatan tentunya sudah tidak diragukan lagi. Begitu juga bagi dunia kecantikan, buah ini bermanfaat untuk perawatan kulit wajah dan rambut. Meski masih kalah populer jika dianding jeruk nipis dan alpukat. Berikut ini beberapa manfaat dari buah stroberi untuk kecantikan wajah, kulit dan rambut.

Stroberi adalah buah dengan kandungan vitamin C dan asam salisilat yang tinggi. Kedua senyawa ini merupakan bahan utama dalam produk-produk kecantikan.

Kandungan asam alpha-hydroxic didalamnya, membantu mengangkat sel kulit mati sehingga apisan kulit baru bisa muncul dan membuat kulit terlihat muda dan kecang. Buah stroberi juga merupakan toner yang baik yang membantu pigmentasi kulit sehingga terlihat lebih cerah.

Manfaat lainnya dari stroberi diantaranya membantu mengatasi masalah jerawat, mengatasi kulit berminyak, memutihkan gigi, mengurangi bengkak di bawah mata dan memberikan nutrisi untuk kulit dan rambut.

Cara Membuat Masker Stroberi


Masker Stroberi
Untuk mendapatkan khasiat dari buah stroberi ini, kita bisa mengkonsumsinya secara lagsung, maupun dengan mengolahnya menjadi masker ataupun scrub. Karena yang akan kita bahas adalah manfaat stroberi untuk kecantikan, maka kita akan fokus pada cara membuat masker stroberi saja.

Membuat masker stroberi tidaklah sulit. Yang penting ada niat dan meluangkan waktu untk membuatnya. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, buah stroberi bisa dikombinasikan dengan bahan alami berkhasiat lainnya seperti madu, yogurt, susu, minyak zaitun, putih telur dan lain-lain. Sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit anda.

1. Masker Stroberi dan Madu

Madu adalah bahan alami berkhasiat untuk kecantikan. Kombinasi madu dan stroberi merupakan duo maut untuk menyingkirkan jerawat membandel.

Caranya, haluskan dua buah stroberi menggunakan blendr. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk hingga rata. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan dengan air hangat atau air mawar. Gunakan kapas untuk membantu.

2. Masker Stroberi dan Yogurt

Perpaduan antara stroberi dan yogurt dapat menjadi masker yang ampuh dalam menutrisi kulit, memberikan kesegaran tanpa membuatnya kering.

Hancurkan datu buah stroberi hingga halus dan tambahkan dua sendok makan plain yogurt (yogurt tanpa rasa alias tawar). Aduk hingga tercampur rata. Bersihkan wajah dengan air hangat terlebih dahulu, baru aplikasikan masker ini pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

3. Masker Stroberi dan Putih Telur

Sebelumnya kita membahas khusus tentang masker putih telur. Masker ini sangat berkhasiat terutama untuk menghilangkan komedo. Kombinasinya dengan stroberi bisa menyingkirkan jerawat yang mengganggu.

Hancurkan 2-3 buah stroberi yang sudah masak hingga benar-benar lembut. Dalam wadah terpisah, campurkan putih telur, air mawar dan minyak zaitun. Kocok hingga tercampur rata. Tuangkan kocokan telur tadi pada adonan stroberi yang sudah dihaluskan, aduk hingga merata. Oleskan pada wajah dan leher secara merata. Bershkan dengan air dingin.

4. Masker Stroberi dan Susu

Kombinasi masker stroberi dan susu mampu melembabkan wajah, serta mengatasi kulit kusam dan menjaga kesegarannya. Gunakan masker ini pada pagi hari sebelum beraktifitas.

Caranya, ambil 3 buah stroberi yang sudah matang, kemudian haluskan dengan cara diblender. Tambahkan 7 sendok makan susu cair dan aplikasikan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin.

5. Masker Stroberi dan Wortel

Campuran satu cangkir jus stroberi dengan satu cangkir jus wortel hingga merata. aplikasikan pada wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Campuran masker buah dan sayuran ini sangat efektif untuk mengatasi kelebihan minyak pada kulit wajah. Lakukan secara teratur dan lihat hasilnya.

Masker Stroberi untuk Rambut


Masker stroberi ini tidak hanya bermanfaat untuk wajah, tapi juga untuk rambut. Buah strawberry sangat kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan, jadi sangat baik untuk menjaga kesegaran kulit kepala dan mengembalikan vitalitas rambut. Untuk lebih memaksimalkan khasiatnya, bisa dicampur dengan yogurt. Yogurt kaya protein yang mampu menjaga kelembaban dan kelembutan rambut.

Siapkan 6 buah stroberi ukuran sedang, 2 sendok makan plain yogurt (yogurt tanpa rasa), dan 1 kapsul serum vitamin E jika ada. Blender ketiganya hingga benar-benar lembut. Aplikasikan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lakukan pijatan pada kulit kepala secara perlahan selama 5 menit agar nutrisi meresap ke akar rambut. Bungkus rambut dengan handuk hangat atau shower cap selama 30 menit. Bilas rambut hingga bersih dan berikan kondisioner.

Bahan lainnya yan bisa dijadikan campuran dari masker stroberi ini adalah mayonaise dan madu. Silahkan pilih saja mana yang lebih mudah didapat dan sesuaikan dengan rambut Anda.

Oke, itu dia informasi mengenai manfaat dan cara membuat masker stroberi. Tunggu tips dan tutorial masker-masker alami lainnya, karena banyak yang belum dibahas.
Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Masker Stroberi untuk Wajah dan Rambut