Hidup Sehat dengan Cara Alami

Tuesday, May 17, 2016

Cara Membuat Masker Tomat untuk Wajah dan Jerawat

Advertisement

Tomat merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker untuk wajah. Masker tomat memang masih kalah populer dibandingkan dengan bahan lainnya seperti masker bengkoang atau masker alpukat. Namun secara khasiat, tomat tidak kalah dengan masker alami lainnya.

Memiliki nama latin Lycopersicum esculentum, tomat adalah buah yang biasa dijadikan sebagai bumbu dapur, untuk menyedapkan rasa. Buah ini juga sering dibuat menjadi jus yang segar. Rasanya aga asam namun menyegarkan.

Belakangan ini, tomat diketahui memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat untuk kecantikan. Karena itu buah ini sering dijadikan sebagai masker untuk perawatan kecantikan wajah. Tomat mengandung vitamin C yang tinggi dan lycopen yang mampu menangkal radikal bebas. Tomat juga berkhasiat untuk mengurangi kelebihan minyak dan menghilangkan jerawat.

Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan


Manfaat Masker Tomat
Tomat mengandung banyak vitamin, mineral, serta zat antioksidan yang baik untuk kesehatan. Tak cuma itu, buah yang kerap dijadikan jus ini juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Terutama untuk perawatan wajah. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengkonsumsi jus tomat secara langsung atau dengan membuatnya sebagai masker wajah.

Berdasarkan data yang dilansir USDA dalam 100 gram tomat, terdapat kandungan vitamin A sebanyak 17% dan vitamin C 21%, sisanya adalah serat, protein, kalori, gula, kalsium dan zat besi.

1. Membersihkan Kulit Wajah

Anda bisa mengkombinasikan tomat dengan buah alpukat sebagai masker wajah. Selain dapat membersihkan kulit wajah kombinasi kedua bahan ini juga akan memberikan kelembaban pada kulit. Namun, hati-hati untuk kulit sensitif karena tomat mengandung banyak zat asam. Oleskan sedikit dulu pada wajah, jika ada sensasi seperti terbakar, jangan dilanjutkan karena dapat menyebabkan iritasi.

2. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Kesegaran buah tomat dapat membantu mengecilkan pori-pori yang besar. Akan lebih berkhasiat jika dikombinasikan dengan air perasan jeruk lemon. Jangan lupa untuk membasuh wajah dengan air dingin.

3. Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tomat mengandung zat asam, vitamin C dan bersifat antioksidan yang mampu membantu mengatasi jerawat sekaligus menghilangkan noda htam di wajah. Lakukan secara rutin dan Anda akan melihat hasilnya dalam 2 minggu.

4. Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Memiliki kulit wajah berminyak sangat rentan terhadap jerawat. Jika tidak dirawat dengan benar, minyak akan berkumpul dengan kotoran dan sel kulit mati menjadi komedo. Jika bakteri muncul, maka jadilah jerawat. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan masker tomat. Kandungan vitamin C, vitamin A, serta asam amino dalam tomat mampu mengurangi kelebihan minyak pada kulit.

5. Menyembuhkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Sebetulnya, sinar matahari terutama matahari pagi sangat dibutuhkan oleh kulit. Namun, terlalu lama berada di bawah terik matahari dapat membuat kulit rusak (terbakar). Anda bisa mengatasinya dengan mencampur jus tomat dengan yoghurt.

6. Mencerahkan Kulit

Memilikit kulit putih, cerah bersinar merupakan dambaan hampir setiap orang. Dengan tomat, anda bisa meraihnya. Caranya, campurkan saja jus tomat dengan madu, kemudian aplikasian pada wajah atau kulit tubuh.

7. Manfaat Masker Tomat untuk Rambut

Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, masker tomat juga berkhasiat untuk perawatan rambut. Buatlah jus tomat dengan cara memblender tomat, kemudian aplikasikan pada rambut dan kulit kepala setelah keramas. Biarkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air dingin. Perawatan ini untuk mengatasi rambut yang kering dan menghilangkan gatal di kulit kepala.

Cara Membuat Masker Tomat


Untuk membuat masker tomat sebenarnya sangat sederhana. Kita tinggal membuat jus tomat dengan blender seperti ingin membuat jus tomat biasa. Namun tidak untuk diminum, melainkan dioleskan ke wajah sebagai masker. Untuk menambah khasiatnya, jus tomat ini biasanya dicampur dengan bahan-bahan alami lain yang berkhasiat. Misalnya, jeruk nipis, lemon, yoghurt, madu, oatmeal, alpukat dan lain-lain.

1. Tomat, Lemon dan Oatmeal

Campuran ketiga bahan ini bermanfaat besar bagi kulit. Selain dapat mengurangi kelebihan minyak di wajah juga mampu membantu mengempeskan jerawat, mencerahkan wajah dan menutrisi kulit.

Caranya, buatlah jus tomat dengan cara diblender. Masukkan ke dalam wadah, campurkan dengan air perasan jeruk lemon dan oatmeal. Bersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah itu baru oleskan ramuan jus tomat yang sudah dicampur dengan oatmeal dan air lemon secara merata pada wajah dan leher. Hindari bagian mata karena rasanya akan sangat perih. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hnagat.

2. Tomat, Gula dan Jeruk Nipis

Haluskan tomat dengan cara diblender, kemudian campurkan dengan air perasan jeruk nipis. Tambahkan gula secukupnya dan aduk hingga rata. Oleskan ramuan tersebut pada wajah sambil dipijit perlahan-lahan dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin untuk menujtup pori-pori.

Ritual ini dapat membantu membersihkan pori-pori dari kotoran dan menutrisi kulit sekaligus mengecilkan pori-pori. Gula yang digunakan adalah gula merah. Bukan gula pasir.

3. Masker Tomat dan Susu Cair

Satu lagi bahan berkhasiat yang dapat dikombinasikan dengan tomat sebagai masker adalah susu. Siapa yang tidak kenal susu? Ini adalah minuman kesehatan dengan banyak manfaat di dalamnya. Susu yang digunakan adalah susu murni. Jika kesulitan menemukannya bisa menggunakan susu cap beruang yang dijual secara bebas.

Haluskan tomat dengan cara diblender, campurkan sedikit air. Saring dan buang ampasnya. Tambahkan susu cair dan aduk hingga merata. Simpan dalam lemari es hingga dingin. Cara penggunaannya, ambil akpas atau kuas masker, celupkan pada ramuan tomat dan susu. Oleskan secara merata pada bagian wajah dan leher, hindari daerah sekitar mata. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas.

4. Masker Tomat dan Maizena

Haluskan tomat dengan cara diblender dan campurkan dengan 1 sendok makan maizena. Aduk secara merata hingga membentuk adonan pasta. Aplikasikan secara merata pada wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit, atau sampai masker mengering. Kemudian bilas dengan air hangat, dilanjutkan dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Selain dapat menghilangkan jerawat, kombinasi dua bahan ini dapat mengurangi kadar minyak pada wajah dan juga mampu menghauskan kulit.

5. Masker Tomat dan Kentang

Sebelumnya kita juga pernah membahas mengenai cara membuat dan manfaat masker kentang. Diantaranya untuk menghilangkan jerawat dan memutihkan kulit. Nah, kali ini kita akan mengkombinasikannya dengan jus tomat sehingga akan diperoleh masker wajah yang sangat berkhasiat.

Rebus satu buah kentang berukuran sedang, kemudian haluskan. Haluskan tomat dengan cara diblender. Campurkan kedua bahan tersebut hingga benar-benar tercampur rata. Oleskan pada wajah secara merata, biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat, lanjutkan dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

6. Masker Tomat dan Yoghurt

Campuran antara masker tomat dan yoghurt ini sangat baik untuk mengatasi kulit kering. Untuk kulit berminyak, gunakan campuran antara tomat dan oatmeal.

Haluskan tomat dengan cara diblender, lalu tambahkan 1 sendok makan yoghurt. Blender kembali hingga benar -benar halus dan tercampur rata. Bersihkan terlebih dahulu wajah dengan air hangat. Oleskan ramuan tersebut pada wajah dan diamkan selama 10 menit kurang lebih. Bilas kembali dengan air hangat dan lanjtukan dengan air dingin. Keringkan wajah dengan handuk lembut. Jangan digosok, cukup ditepuk-tepuk saja pada wajah.

7. Masker Tomat dan Mentimun

Kemain juga sudah membahas khusus mengenai masker mentimun, baik cara membuatnya hingga manfaatnya. Serta kombinasinya dengan bahan-bahan berkhasiat lain. Mentimun lebih berfungsi sebagai penyegar dan astringent. Kombinasi dua bahan ini dapat membantu melenyapkan bekas jerawat, mengencangkan kulit dan membuat kulit terlihat segar dan muda.

Campurkan jus tomat dengan parutan mentimun hingga tercampur rata. Aplikasian pada wajah, hindari bagian mata. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas hingga bersih.

8. Masker Tomat dan Madu

Kulit berminyak dapat menjadi penyebab jerawat dan komedo, serta wajah terlihat kusam. Kombinasi paling jitu untuk mengatasinya adalah dengan tomat dan madu. Untuk mengetahui lebih banyak, silahkan baca cara membuat masker madu.

Buatlah sebuah adonan dengan cara mencampurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan cara diblender dengan satu sendok makan madu murni. Oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan lanjut dengan air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka.

Sebenarnya masih banyak lagi bahan alami yang bisa digunakan sebagai kombinasi untuk masker tomat. Misalnya saja menggunakan minyak zaitun, putih telur, kunyit, wortel dan lain-lain.
Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Masker Tomat untuk Wajah dan Jerawat