Hidup Sehat dengan Cara Alami

Sunday, May 22, 2016

Cara Membuat Masker Lumpur untuk Mengatasi Kulit Berminyak


Advertisement

Bicara tentang perawatan wajah, akan menjadi satu topik yang panjang, seakan tak ada habisnya. Dari mulai yang biasa didengar, yang masuk akal hingga yang aneh-aneh, dimana Anda baru mendengar bahkan mengetahuinya. Salah satu perawatan kecantikan yang cukup aneh adalah masker lumpur. Ya, kalau masker madu atau masker beras mungkin sudah sangat familiar, namun masker masker lumpur untuk merawat wajah adalah sesuatu yang lain.

Meski terdengar aneh, namun sebagian wanita ternyata sudah akrab dengan jenis treatment yang satu ini. Bahkan ada produk kecantikan yang memang menjual masker lumpur. Namun, satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa yang dimaksud lumpur di sini jelas bukan lumpur yang bias ditemui di sawah atau tampat-tempat becek. Melainkan jenis lumpur yang memang khusus untuk perawatan kulit.

Jika Anda searching di google, ada beberapa jenis masker lumpur yang cukup terkenal. Diantaranya masker lumpur Shiseido Naturgo, masker lumpur Hello Kitty, hingga masker lumpur Laut Mati. Semuanya sudah dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau. Nah, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara membuat masker lumpur sendiri di rumah, cara menggunakan serta manfaatnya bagi kulit wajah.

Manfaat Masker Lumpur

Masker Lumpur
Masker lumpur (clay mask)

Manfaat masker lumpur yang paling utama adalah mengetasi kelebihan minyak pada kulit wajah. Di Indonesia, yang cuacanya memang panas, banyak sekali wanita yang memiliki masalah kulit berminyak. Minyak pada wajah dikeluarkan oleh kelenjar sebaceous (sebaceous glands). Kelenjar ini berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari kekeringan dengan cara mengeluarkan sebum yang bersifat seperti lilin atau minyak.

Pada dasarnya, fungsi kelenjar tersebut sangatlah baik. Namun, adakalanya kadar minyak yang dikeluarkan terlalu berlebihan sehingga wajah menjadi terlihat kusam. Lagipula, minyak berlebih pada wajah dapat mengakibatkan jerawat dan komedo jika tidak ditangani dengan benar.

Selain itu, manfaat masker lumpur yang lainnya adalah mengangkat sel-sel kulit mati, membenatu meremajakan kulit dan membersihkan kotoran pada pori-pori kulit wajah. Berikut ini beberapa manfaat dari masker lumpur yang sudah dibuktikan oleh para penggunanya:
  • Mengurangi kelebihan minyak di wajah
  • Membantu mengangkat sel-sel kulit mati
  • Mencerahkan, mengencangkan kulit wajah yang kendor
  • Detoksifikasi racun
  • Meningkatkan kekenyalan kulit wajah
  • Membantu mengurangi jerawat
  • Efektif memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak
  • Mengangkat komedo
  • Membersihkan pori-pori kulit
  • Menghaluskan kulit dan mengecilkan pori-proi

Mengingat banyaknya manfaat yang bisa diambil dari penggunaan masker lumpur ini, maka mari kita coba untuk membuatnya sendiri dan merasakan khasiatnya.

Cara Membuat Masker Lumpur

Membuat Masker Lumpur
Masker lumpur (mud mask)

Melakukan perawatan wajah dengan masker lumpur tidaklah sulit. Yang kita perlukan adalah bahan-bahan yang tepat dan sedikit waktu untuk membuat dan mengaplikasikannya pada wajah. Oke, yang pertama kita harus memiliki bahan utamanya dulu, yaitu lumpur. Namun bukan lumpur sembarang lumpur, apalagi lumpur sawah. Lumpur yang akan kita gunakan adalah lumpur bentonit (yang dijual di beberapa toko makanan organik dan internet) dengan campuran witch hazel.

Witch Hazel adalah minyak yang berasal dari ekstrak daun dan kulit kayu semak Hamamelis asal Virginia, Amerika Utara. Fungsinya sebagai astringent alami seperti air lemon dan jeruk nipis.

Cara membuatnya, campurkan 1 sendok makan Witch Hazel dengan 1 sendok makan lumpur bentoit, aduk hingga merata. Anda juga bisa menambahka dua tetes minyak lemon atau minyak mawar agar adonan menjadi wangi.

Oleskan adonan tersebut ke seluruh wajah (hindari bagian mata dan mulut). Biarkan hingga setengah kering, lalu bersihkan wajah bilas dengan handuk lembut. Jangan menunggu sampai lumpur mengering di wajah (lumpurnya pecah-pecah). Jika dibiarkan sampai benar-benar kering, bisa memicu gatal dan iritasi kulit.

Lakukan perawatan wajah menggunakan masker lumpur 2 kali seminggu dan lihat hasilnya. Selamat mencoba.
Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Masker Lumpur untuk Mengatasi Kulit Berminyak